Monday, 04 December 2017

Penerimaan & Reformasi Pajak Mengkhawatirkan, Status Layak Investasi Indonesia Terancam

Penerimaan & Reformasi Pajak Mengkhawatirkan, Status Layak Investasi Indonesia Terancam

Lembaga pemeringkat utang Moody's mengimbau pemerintah Indonesia untuk memperhatikan arah reformasi perpajakan dan kinerja penerimaan negara yang lemah.  Imbauan tersebut dihembuskan dibarengi dengan peringatan risiko penurunan peringkat layak investasi (investment grade) yang telah disematkan pada Indonesia.

Pasalnya, reformasi perpajakan dalam rangka meningkatkan penerimaan negara merupakan salah satu syarat untuk mempertahankan peringkat utang Indonesia.

Peringkat layak investasi Indonesia terancam turun kasta, bila pemerintah gagal memperbaiki kondisi perpajakan. Reformasi perpajakan yang tengah berjalan diharapkan bisa sesuai dengan ekspektasi. Jika tidak, akan mengancam kondisi keuangan negara di masa yang akan datang.

Menurut Moody's, kinerja penerimaan negara yang lemah akan mempengaruhi keputusannya dalam mempertahankan investment grade Indonesia.

Untuk pertama kali, Moody's mengganjar Indonesia dengan status investment grade pada tahun 2012. Sedangkan terakhir kali, Moody's mempertahankan peringkat rating Indonesia di level BAA3 pada Februari 2017.

Selain Moody’s beberapa lembaga rating yang sudah menempatkan Indonesia sebagai investment grade antara lain Standard and Poor’s (S&P) serta Fitch rating.

 

RelatedNews

Previous Next
Publication
Tax Guide, Tax Blitz, and other complimentary publications to download
Event
MUC Training schedule in 2018: Information and Registration
News
The latest tax related news, articles, infographic, video, and more
top button