News
Swasta Diminta Hati-hati Tarik Utang Luar Negeri

Friday, 19 October 2012

Swasta Diminta Hati-hati Tarik Utang Luar Negeri

VIVAnews - Menteri Keuangan Agus Martowardojo meminta sektor swasta untuk bijak dalam menghimpun pinjaman dari luar negeri guna pembiayaan usahanya. Sebab, likuiditas keuangan yang masuk di Indonesia mengalir dengan sangat deras saat ini.

Agus mengatakan bahwa derasnya likuiditas keuangan itu karena rating utang Indonesia terus menunjukkan kinerja yang positif.  Hal tersebut ditandai dengan kenaikan Sovereign Credit Rating Republik Indonesia menjadi BBB- dengan outlook stabil oleh Rating and Investment Information, Inc (R&I).

"Pada swasta di Indonesia, kami minta berhati-hati dalam meminjam karena di dunia sedang cukup banyak likuiditas dan cukup banyak mengalir ke Indonesia," ujar Agus di Gedung DPR, Jakarta, Kamis malam, 18 oktober 2012.

Perusahaan pelat merah, kata Agus, juga diwanti-wanti oleh pemerintah terkait dengan hal tersebut. Jangan sampai ekspansi bisnis yang dilakukan karena tidak dikelola dengan baik akhirnya berdampak buruk bagi stabilitas ekonomi.

Sebab,  menurutnya, di tengah kondisi global yang sedang krisis saat ini, kemungkinan adanya penarikan dana secara besar besaran oleh investor asing di Indonesia sangatlah besar. "Kita musti bisa menjaga kesehatan institusi dengan baik," tutur Agus.

Seperti yang diberitakan sebelumnya R&I menaikan rating indonesia berdasarkan beberapa faktor kunci, antara lain pertama, kekuatan Indonesia mencapai pertumbuhan yang tinggi di tengah penurunan ekonomi global. Kedua, pengelolaan fiskal yang konservatif. Ketiga, utang pemerintah yang rendah, dan keempat, sistem keuangan yang semakin stabil. (ren)

http://bisnis.news.viva.co.id/news/read/360553-swasta-diminta-hati-hati-tarik-utang-luar-negeri


Global Recognition
Global Recognition | Word Tax     Global Recognition | Word TP
Contact Us

Jakarta
MUC Building
Jl. TB Simatupang 15
Jakarta Selatan 12530

+6221-788-37-111 (Hunting)

+6221-788-37-666 (Fax)

Surabaya
Graha Pena 15th floor
Jl. Ahmad Yani 88
Surabaya 60231

+6231-828-42-56 (Hunting)

+6231-828-38-84 (Fax)

Subscribe

For more updates and information, drop us an email or phone number.



© 2020. PT Multi Utama Consultindo. All Rights Reserved.