Tuesday, 14 January 2020

DJP Terbitkan Juklak Pendaftaran NPWP Melalui OSS

DJP Terbitkan Juklak Pendaftaran NPWP Melalui OSS

JAKARTA. Direktorat Jenderal Pajak (DJP) mengeluarkan panduan dalam memproses permohonan dan pendaftaran Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), melalui sistem  elektronik. Sistem elektronik yang dimaksud adalah Sistem Administrasi Badan Hukum (SABH) dan  sistem perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik atau Online Single Submission (OSS).

Permohonan pendaftaran NPWP melalui SABH dan OSS ini diperuntukan bagi wajib pajak baik orang pribadi maupun badan yang berstatus sebagai pelaku usaha, namun belum memiliki NPWP.  Hal tersebut tertuang dalam Surat Edaran Direktur Jenderal Pajak (SE) nomor SE-35/PJ/2019, yang merupakan turunan dari Peraturan Direktur Jenderal Pajak nomor PER-20/PJ/2018.

Surat Edaran ini diterbitkan untuk memberikan kepastian hukum, kemudahan dan pelayanan prima kepada Wajib Pajak (WP). Panduan ini juga merupakan dasar bagi Kantor Pelayanan Pajak (KPP), dalam merespon permohonan pendaftaran NPWP melalui SABH dan OSS.

Ada beberapa prosedur kerja yang harus dilakukan petugas pajak ketika menerima permohonan pendaftaran NPWP dari wajib pajak maupun notaris.  Petugas pajak yang dimaksud antara lain mulai dari Kepala Seksi Pelayanan, Kepala Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan, Account Representative Seksi Ekstensifikasi Penyuluhan dan petugas pendaftaran.

Prosedur tersebut diantaranya meliputi, monitoring permohonan yang masuk, meneliti kelengkapan, termasuk diantaranya melakukan klarifikasi, menyampaikan kartu NPWP hingga menerbitkan Surat Keterangan Terdaftar kepada WP.

Adapun dalam aturan induknya, PER-20/PJ/2019, dijelaskan pengajuan pendaftaran NPWP secara elektronik harus dilengkapi dengan dokumen yang dipersyaratkan dalam bentuk elektronik. Bila dokumen tersebut sebelumnya sudah berada di dalam basis data DJP, yang berasal dari sistem SABH dan OSS, wajib pajak tidak perlu melampirkan kembali.

Dokumen tersebut harus disampaikan maksimal 30 hari sejak pendaftaran. Bila tidak disampaikan hingga batas waktu berakhir, WP akan dinyatakan Non-Efektif. (ASP)


Tags : NPWP;

RelatedNews

Previous Next
Publication
Tax Guide, Tax Blitz, and other complimentary publications to download
Event
MUC Training schedule in 2019: Information and Registration
News
The latest tax related news, articles, infographic, video, and more
top button
Multi Utama Consultindo