News
PERPPU Keterbukaan Informasi Ditargetkan Berlaku Juni 2017

Monday, 10 April 2017

PERPPU Keterbukaan Informasi Ditargetkan Berlaku Juni 2017

Pemerintah baru saja melakukan konsultasi dengan OECD terkait rencana Indonesia menerapkan pertukaran informasi perpajakan antar-negara secara otomatis atau Automatic Exchange of Information (AEoI). Hasilnya akan dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo sebagai dasar perumuran Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) tentang keterbukaan informasi keuangan untuk perpajakan.

Rencananya, presiden akan menggelar rapat terbatas pada pekan ini guna membahas Perppu tersebut. Menko Perekonomian Darmin Nasution memastikan Perppu sudah bisa berlaku pada dua bulan mendatang atau Juni 2017.

 

 

Setelah resmi berlaku, lanjut Darmin, pemerintah telah memiliki hak untuk mengakses data nasabah perbankan yang berada di dalam negeri maupun di luar negeri. Hal ini sekaligus merevisi target awal pemerintah yang mulanya ingin menggunakan AEoI untuk melihat data perbankan nasabah di luar negeri saja pada awal implementasi sistem tersebut.

Kemudian, bersamaan dengan implementasi Perppu AEoI tersebut, pemerintah akan membuat sinergi antar peraturan terkait, yakni Undang-Undang (UU) Perbankan, UU Ketentuan Umum dan Tatacara Perpajakan (KUP), UU Perbankan Syariah, dan UU Pasar Modal. Hanya saja, UU mana yang lebih dulu disinergikan oleh pemerintah, disebut Darmin merupakan UU yang paling mendesak untuk diakses pemerintah.



Related Articles

News

Pengembangan Sistem Administrasi Pajak Masuk Tahap Akhir

News

Aturan Beneficial Ownership Disiapkan

News

Pajak Bisnis Digital Jadi Fokus Pertemuan OECD


Global Recognition
Global Recognition | Word Tax     Global Recognition | Word TP
Contact Us

Jakarta
MUC Building
Jl. TB Simatupang 15
Jakarta Selatan 12530

+6221-788-37-111 (Hunting)

+6221-788-37-666 (Fax)

Surabaya
Graha Pena 15th floor
Jl. Ahmad Yani 88
Surabaya 60231

+6231-828-42-56 (Hunting)

+6231-828-38-84 (Fax)

Subscribe

For more updates and information, drop us an email or phone number.



© 2020. PT Multi Utama Consultindo. All Rights Reserved.