Monday, 18 March 2019

Tax Ratio Rendah Karena Struktur Ekonomi Didominasi Sektor Pertanian

Tax Ratio Rendah Karena Struktur Ekonomi Didominasi Sektor Pertanian

Salah satu faktor yang membuat sulitnya pemerintah mengejar target rasio pajak (tax ratio) adalah karena struktur ekonomi kita yang didominasi oleh sektor pertanian. Secara teori, kontribusi sektor pertanian berbanding terbalik dengan tax ratio.

Sektor pertanian selama ini dikenal sebagai sektor yang sulit untuk dipajaki atau hard to tax. Padahal konstribusi sektor pertanian di dalam struktur Produk Domestik Bruto (PDB) nasional, yaitu hingga 13,1%.

Data Tax Ratio

Sementara rata-rata kontribusi sektor pertanian di negara-negara berpendapatan menengah relatif lebih rendah, yaitu 8,4% dan di negara maju 1,1%.

Pemerintah mengaku terus berusaha agar tax ratio bisa meningkat dengan menyiapkan sejumlah langkah. Saat ini pemerintah sedang fokus memperbaiki tingkat kepatuhan masyarakat.

Ada beberapat hal yang harus diperbaiki untuk meningkatkan kepatuhan tersebut. Diantaranya adalah registrasi, filing atau pelaporan, payment atau pembayaran dan collect reporting.

Termasuk diantaranya mengoptimalkan data yang diperoleh dari program pertukaran informasi keuangan atau Automatic Exchange of Information (AEoI).


RelatedNews

Previous Next
Publication
Tax Guide, Tax Blitz, and other complimentary publications to download
Event
MUC Training schedule in 2019: Information and Registration
News
The latest tax related news, articles, infographic, video, and more
top button
Multi Utama Consultindo