Logo MUC

News

Taxation

SEKTOR PERTAMBANGAN CATATKAN RESTITUSI TERBESAR

Date : 22 Mei 2017

Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat pengembalian kelebihan pembayaran pajak (restitusi) per April 2017 sebesar Rp 53 triliun. Jika dibandingkan data pad April tahun lalu yang tercatat sebesar Rp 46 triliun, jumlah tersebut mengalami kenaikan sebesar 18%.

Direktur Potensi, Kepatuhan, dan Penerimaan Pajak Yon Arsal mengatakan, tanpa menyebutkan besarannya, sektor yang melakukan restitusi pajak salah satunya adalah sektor andalan penyumbang pajak terbesar seperti sektor pertambangan dan pengolahan.

Menurut Yon jumlah restitusi tersebut tergolong normal. Sebab, pertumbuhannya sudah kurang lebih sama dengan pertumbuhan penerimaan pajak secara keseluruhan, sekitatar 18%.

Semntara berdasarkan catatan Dirktorat Jenderal Pajak (DJP), penerimaan pajak di semua sektor usaha tumbuh positif pada penerimaan pajak per 27 April 2017 ini. Data per 27 April menunjukkan bahwa pertumbuhan paling besar adalah setoran dari sektor pertambangan yang tumbuh 37% dari periode sebelumnya.

Menurut Yon, harga komoditas pertambangan yang mulai naik pada tahun lalu berhasil menaikkan profitabilitas sektor ini sehingga mempengaruhi pajak yang dibayarkan.

Adapun yang memebrikan berkontribusi paling besar lainnya adalah industri pengolahan. Menurut DJP sektor pengolah atau manufaktur mencatatkan pertumbuhan setoran pajak yang besar, yakni 21,4% dibanding periode yang sama tahun lalu.

Sektor lainnya yang juga tumbuh terbilang besar adalah industri perdagangan yang tumbuh 18.2% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.
 

Source :

https://mucglobal.com/

« Back to Index